Aku Cinta Batik Indonesia Bersama Pinisi Edutainment

tumblr_mxz709lbCy1r2pxmoo1_400

(Majalah Trend Kids Fashion Vol. 02 / November 2013 / Kids Event / Teks & Photo : Diah Kurnia)

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang telah diakui keberadaannya baik di dalam negeri maupun internasional. UNESCO, telah mencantumkan batik Indonesia ke dalam “Warisan Kemanusiaan dan Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanitity) yang ditetapkan pada tanggal 2 Oktober 2009.

Seperti kita ketahui saat ini Batik merupakan bagian dari keseharian keluarga Indonesia. Dalam rangka Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, Pinisi Edutainment Park dan Museum Tekstil Indonesia menyelenggarakan acara “Aku Cinta Batik Indonesia”, melalui kegiatan talk show dengan topik “Memperkenalkan Batik kepada Anak Sejak Usia Dini”.

Acara yang diselenggarakan di Teater Pinisi Edutainment Park 18 Oktober 2013 lalu ini, memberikan semangat untuk memperkenalkan Batik agar dicintai kalangan remaja dan anak-anak di Indonesia sejak usia dini.

Pinisi Edutainment Park yang dipandu oleh Ayumi Astriani yang merupakan finalis Abang – None Jakarta tahun 2009 menghadirkan nara sumber Drs. H. Indra Riawan M.Hum, Kepala Museum Tekstil Jakarta dan Dr. Seto Mulyadi, psikolog anak sekaligus pecinta Batik Indonesia, yang berbagi informasi dan kiat upaya-upaya dalam melestarikan Batik Indonesia, dan bagaimana cara memperkenalkan dan menanamkan kecintaan anak-anak pada ragam Batik Indonesia.

“Kami ingin memberikan kontribusi nyata untuk Indonesia dengan mengajarkan cara membatik kepada anak-anak sejak usia dini. Ayah dan Ibu kini dapat mengajak putra-putri mereka bermain di Pinisi Edutainment Park, sekaligus sambil memperkenalkan seni batik Indonesia  dengan cara yang menyenangkan.” Ari Kartika, direktur Pinisi Edutainment Park.

Tidak hanya itu, para guru dari berbagai tingkat sekolah juga dapat menjadwalkan kunjungan field trip murid-murid mereka ke Pinisi Edutainment Park, untuk memberikan pengalaman secara instant kepada anak-anak, bukan hanya membatik, tetapi juga menari, bermain drama, pengenalan instrumen musik tradisional, dan menjadi dalang pertunjukan wayang”.

Selain itu, rangkaian acara “Aku Cinta Batik Indonesia” mendatangkan para ibu dan putra-putri mereka dengan mengikuti kegiatan workshop bagaimana cara membatik bersama. Acara ini juga dimeriahkan oleh hiburan Tari Tradisional yang dibawakan oleh anak-anak dari SDN Cikini 02 Pagi.

4 YEARS AGO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.