Massage “Mom n Jo” Bagi si Kecil

(Majalah Trend Kids Fashion Vol. 02 / November 2013 / Kids Pleasure / Teks & Photo By Diah Kurnia)

Massage merupakan salah satu ritual kesehatan yang sudah diperkenalkan turun-temurun oleh beberapa generasi pendahulu kita. Rupanya, kebutuhan massage tidak hanya diperuntukan bagi mommy saja, namun upaya pemijatan  pada bayi dan anak juga semakin populer dan berkembang.

Berbagai manfaat utama massage dapat dirasakan oleh si Kecil, diantaranya untuk mempertahankan kesehatan, meningkatkan imun, memperbaiki syaraf motorik serta peredaran darah hingga mempengaruhi tumbuh kembang si Kecil.

“Seperti kita ketahui banyak kegunaan dari massage, sehingga tidak ada salahnya untuk memberikan sentuhan pijatan sejak dini kepada si Kecil,” ungkap Ichda Akrimah, SH selaku Store Manager dari Mom n Jo, Jakarta. “Terlebih jika pemijatan dilakukan secara rutin, anak akan mendapatkan rileksasi tubuh. Tentunya ini akan membantu proses tumbuh kembang anak semakin sempurna.”

Tahapan massage untuk si Kecil tidak jauh berbeda dengan pemijatan bagi orang dewasa, namun semuanya diberikan dengan porsi sekaligus fungsi sesuai dengan kebutuhan si Kecil.

Berikut cara dan tahapan pemijatan bagi si Kecil yang perlu diketahui mommy, diantaranya:

Pemijatan Kaki dan Tangan : Pemijatan pada kaki dan tangan bermanfaat untuk menghilangkan ketegangan dan memperkuat tulang.

Caranya dengan memegang lengan bayi dengan kedua telapak tangan. Kemudian, pijat tangan bayi dari bahu hingga pergelangan. Lakukan gerakan sebaliknya, dari pergelangan ke arah pangkal lengan. Pijat dan tarik lembut jari-jari bayi dengan gerakan memutar. Dengan kedua ibu jari secara bergantian, pijat seluruh permukaan telapak tangan dan punggung tangan bayi. Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan. Untuk kaki, ikuti cara yang sama seperti teknik memijat tangan.

Pemijatan Punggung : Pijatan punggung berfungsi untuk memperkuat otot yang menyangga tulang belakang si Kecil.

Cara melakukan pijatannya dengan gerakan maju mundur menggunakan kedua telapak tangan di sepanjang punggung bayi, pijat lembut dengan salah satu telapak tangan dari leher hingga panggul bayi ditambah sedikit tekanan. Buat gerakan melingkar dengan jari-jari, terutama pada otot di sebelah tulang belakang. Selanjutnya, berikan pijatan memanjang dengan telapak tangan dari leher ke kaki untuk mengakhiri pijatan.

Pemijatan Dada : Pentingnya melakukan pijatan di dada yakni untuk memperkuat sirkulasi paru-paru dan jantung.

Meletakkan kedua tangan di tengah dada bayi dan gerakkan ke atas, kemudian ke sisi luar tubuh dan kembali ke ulu hati tanpa mengangkat tangan seperti membentuk hati. Lalu, dari tengah dada bayi, pijat menyilang dengan telapak tangan ke arah bahu seperti membentuk kupu-kupu. Lakukan dengan gerakan lembut, akan membuat si Kecil merasa nyaman.

Pemijatan Perut : Tahukah Mommy, pijatan pada perut sangat berarti karena akan meningkatkan sistem pencernaan dan mengurangi sembelit.

Caranya melakukan gerakan memijat di atas perut bayi seperti mengayuh sepeda dari atas ke arah bawah perut. Kemudian, angkat kedua kaki bayi dan tekan lututnya perlahan-lahan ke arah perut. Buatlah bulan separuh terbalik dengan tangan kanan, mulai dari kiri ke kanan searah jarum jam. Saat tangan kanan di atas, tangan kiri di bawah dan berputar mengikuti arah jarum jam membentuk lingkaran penuh seperti matahari.

Pemijatan Wajah : Biasanya tahapan pemijatan wajah menjadi tahapan akhir dari rangkaian massage, yang berguna untuk melemaskan otot wajah.

Dapat dilakukan dengan menekan jari-jari pada kening bayi, pelipis, dan pipi. Gunakan kedua ibu jari untuk memijit daerah di atas alis. Dengan tekanan lembut, tarik garis dengan ibu jari dari hidung ke arah pipi bayi. Gunakan kedua ibu jari untuk memijit sekitar mulut, tarik hingga bayi tersenyum. Pijat lembut rahang bawah bayi dari tengah ke samping seolah membuat bayi tersenyum. Pijat secara lembut daerah di belakang telinga ke arah dagu.

Senada dengan treatment massage yang disuguhkan oleh Mom n Jo, massage menjadi salah satu favorite treatmentbagi bayi dan anak. Pioneer perawatan pemijatan ibu hamil dan anak yang berdiri sejak 2006 ini menyuguhkan perawatan massage bagi si Kecil yang diberikan pada sajian akhir dari keseluruhan rangkaian treatment sebagai pelengkap.

Treatment massage disajikan di akhir perawatan untuk menghindari agar si Kecil tidak masuk angin. Selanjutnya, olive oil yang dibalurkan ke tubuh meresap sehingga selain mendapatkan tubuh relaks, kulit si Kecil menjadi lebih lembab dan halus.

Perawatan pemijatan ini dilakukan bagi anak dengan usia 2 tahun ke atas. Biasanya, waktu yang digunakan untuk massage bagi si Kecil berkisar selama 40 menit. Keunggulan dari teknik massage yang diberikan home spadengan therapist bersertifikat internasional APMA (American Pregnancy Massage Association) dan APA (American Pregnancy Association) ini menggunakan oil massage yang dibuat dengan semua bahan-bahan natural, seperti air swimming yang bebas dari kaporit sedangkan oil untuk massage sudah menggunakan oil biji anggur, bukan oil-oil yang biasa seperti Belli To Baby.

Pilihan rangkaian treatment menarik lainnya untuk melengkapi ritual massage terdiri dari choco bath, bubble bath, creambath hingga smily and yummy face berupa masker cokelat pada wajah si Kecil. Rangkaian yang sangat menarik!

4 YEARS AGO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.