Desainer MODA: Diah Restu

(Desainer MODA / Majalah NOOR / Desember 2013 / Teks by Diah Kurnia)

Selalu ada cerita menarik dibalik kisah perjalanan seorang desainer. Begitu pula dengan desainer Diah Restu asal Yogyakarta satu ini. Sejak tahun 2011, wanita pemilik label DitbyDidi melebarkan kiprah sebagai perancang busana muslim yang hingga saat ini tetap konsisten berada di jalurnya.

“Semua berawal dari beberapa teman menyukai desain busana saya, dari situlah mulai percaya diri dengan banyaknya pemesanan busana muslim yang masuk. Sampai akhirnya, memutuskan untuk membuat label sendiri.” ungkap wanita bernama lengkap Diah Restu Marini menjelaskan bagaimana perjuangan awal sebagai desainer busana muslim.

“Alhamdulillah, segala sesuatunya dilancarkan Allah SWT hingga akhirnya bertemu dengan komunitas MODA ini.”Lanjut Diah Restu yang ternyata memiliki latar belakang pendidikan Ekonomi ini.

Namun tidak hanya berhenti di sana, wanita yang kerap memiliki impian rancangan busananya suatu saat dapat dikenakan dalam cover majalah VOGUE ini, mengakui memiliki berbagai tantangan menjadi seorang desainer muslim. Meski menggeluti dunia perancang busana muslim secara otodidak, namun Diah Restu selalu berusaha agar karyanya dapat diterima dengan baik dan mengedepankan nilai-nilai Islami ditambah proses syiar terutama kepada para pecinta fashion muslim.

Konsentrasi dan komitmen yang tinggi dalam menghasilkan karya busana muslim dengan konsep syar’i tersebut mengharuskannya untuk selalu belajar. Terutama dalam menghasilkan serta menggali ide-ide kreatif dan inovatif dalam setiap rancangannya sebagai perancang busana Islami.

“Terkadang ide bisa datang dari mana saja, kuncinya cukup dengan menikmati hidup dan membuat pemikiran lebih relax serta happy. Bahkan sering kali ide muncul dari hal-hal kecil,” Ungkap wanita kelahiran 15 Februari ini menerangkan asal-muasal berbagai idenya mengalir.

“Hal-hal tersebut secara tidak langsung membawa energi positif yang bisa menimbulkan kreativitas dalam diri. Namun, ide fresh itu bukanlah terletak dalam kesempurnaan, tapi bagaimana bersyukur untuk tidak selalu membandingkan karya kita dengan karya orang lain.” Ujarnya menjelaskan secara detail.

Namun, sebagai seorang pembelajar Islami tentunya Diah Restu senantiasa terus berusaha mencari dan menggali ide-ide cemerlang ditambah dengan proses ikhtiar melalui berdoa serta mengembalikan kepada Allah SWT, agar selalu diberikan pencerahan.

Dalam menggawangi tahun 2014 mendatang, Diah Restu mengusung tema Sindhur Binayang dalam trend Demotic. Pemilik DitbyDidi ini menyuguhkan keindahan kain Sindhur (Sindura : merah) yang melambangkan sebuah persetujuan dan dukungan kebahagiaan. Biasanya kain ini dipadukan dalam perlengkapan upacara perkawinan adat Yogyayakarta. Paduan kain chiffon ombre biru matang mengandung unsur modern dan girly, sekaligus mengentalkan kembali budaya nan luhur adat Yogya klasik dengan kain beludru biru gelap sebagai finishing touch-nya.

Desainer yang rupanya memiliki hobby membaca dan traveling ini, membawa cutting mengembang dengan aksen kerut pada bagian dada dengan sentuhan warna pekat serta motif bludru. Busana ini betul – betul memadukan kesan Yogya dengan modernitas yang semakin berkembang. Banyak inspirasi dengan menghadirkan tema Sindhur Binayang kali ini.

Diantaranya terinspirasi dari salah satu rangkaian upacara adat pengantin Yogya, dengan melirik pakaian orang tua pengantin adat Yogya yang kebanyakan digunakan sebagai pelambang dukungan orang tua kepada sang mempelai. Pemilihan kain Sindhur sebagai aksen gaun menjadi sesuatu yang lebih unik, mengingat masih jarang yang menggunakan kaini ini pada busana casual atau coctail dress.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.