13 Tahun Monika Weber Berkarya (Bali)

tumblr_n0ipklx8E41r2pxmoo2_400

Trend Kebaya (Januari 2014 Vol. 32) / Teks & Photo (Tumblr Pict.) by Diah Kurnia

“Kebaya salah satu warisan budaya kebanggaan Nusantara, terlebih jika wanita Indonesia yang mengenakannya semakin terlihat cantik nan bersahaja.”

Hingga tahun 70an, wanita Indonesia masih menggunakan kebaya sebagai busana sehari-hari bahkan sebagai simbol busana nasional pada acara kenegaraan. Pada akhirnya, kebaya kembali populer di akhir 90an dengan berbagai desain kebaya modifikasi dipadu bahan serta model lebih modern, kemudian menggairahkan kembali penggunaan kebaya hingga bertahan sampai saat ini.

Sebagai bentuk eksistensi dan kecintaannya terhadap kebaya, Monika Weber–wanita Indonesia sekaligus desainer kebaya–yang kini sudah berkarya selama 13 tahun tergugah untuk mempersembahkan kebanggaannya dengan menggelar peragaan busana kebaya bertemakan “Secret Garden” pada tanggal 13 Desember 2013 lalu bertempat di Grand Bali Beach, Hotel Sanur – Bali.

Mengusung tema “Secret Garden” dengan mengedepankan esensi fairy tale merupakan perpaduan dan kandungan makna dari berbagai unsur sang kreator. Pagelaran outdoor ini, sarat makna dengan menghadirkan beberapa keunikan alur warna diantaranya yakni air, hutan, bumi, bunga, emas, hingga putih. Dalam keseluruhan alurnya, Monika menyuguhkan 60 rancangan kebaya yang dibalut dengan mengedepankan sisi modernitas. Dalam rancangan Monika, 25 koleksi merupakan desain terdahulu, sedangkan 35 rancangan lainnya adalah koleksi terbaru yang dikerjakannya selama 1 (satu) bulan penuh.

“Kemunculan impian Secret Garden terinspirasi dari nuansa negeri dongeng ini sebagai sisi lain dari saya. Menambahkan pagelaran dengan pepohonan besar dan sorot lampu pada sisi panggung, seperti menghidupkan sisi dramatisasi dalam perjalanan karya saya.” Ungkap wanita jebolan dari akademi fashion LPTB Susan Budiharjo dan ESMOD Jakarta ini menerangkan mengenai ide pagelaran busananya.

Dalam setiap rancangan, Monika mengakui bahwa karyanya bertujuan untuk mempopulerkan kecantikan kebaya kepada dunia Internasional melalui desain yang lebih fashionable dan modern, namun tanpa meninggalkan bentuk asli dan makna dari kebaya itu sendiri.

Selengkapnya dalam Trend Kebaya Vol. 32 “Kebaya Bali in Style 2014”.

Flickr : http://www.flickr.com/photos/anyaenya/sets/72157640531945453/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.