BunSay4 JaTim2 | Game Level 1 | Aliran Sayang | Komunikasi Produktif

7130b0f9-4ddb-4052-83a9-7abef3eb1be1

Credit Photo by @meun (Sahabat dalam perjalanan di Sumba)

Berlabel sebagai anak komunikasi (terkadang) tidak jua membuat saya lebih pintar dalam mengutarakan sesuatu hal.

Pada kenyataannya, terbiasa melakukan hal dengan tangan sendiri tanpa meminta bantuan dari orang lain. “Kalau masih sanggup sendiri akan dikerjakan semampuku.” Padahal se-mandiri-nya seorang istri kadang perlu juga terlihat sedikit ‘tak sanggup’ di depan Pak Suami supaya ia merasa dibutuhkan dan berperan. Pernah gini ngga bu-ibu? Atau malah sering setting “Owalah ndak iso aku”, meski sebenarnya bisa.

Materi Komunikasi Produktif ini lagi – lagi seolah membuat saya kembali mengaitkan dengan komunikasi one-on-one sehari – hari dengan keluarga kecil di rumah. Me-review apakah selama ini ada yang kurang dari cara, gesture hingga bahan pembicaraan yang didiskusikan baik kepada Pak Suami ataupun Bro & Sist Kecil Bersaudara.

Meski sering juga menemui kendala daripada berhasil. Kadang Pak Suami alot diajak diskusi atau kesulitan mengarahkan anak yang mengikuti maunya orang dewasa. Bersabarlah Mamak, semua ini adalah proses panjang yang akan kamu tuai manis keesokan harinya. Bersabarlah. Ini sedang menyakinkan diri sendiri loh ya.

Komunikasi produktif kali ini saya pahami ia mengantongi kemampuan terhebat dalam behind the scene-nya adalah kunci bersabar. Ngaturaken sembah nuwun sanget, Institut Ibu Profesional – Bunda Sayang.

“Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” (Q.S. Asy-Syuura 43).

Mohon bersabar hidup ini ujian, pemirsah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.