BunSay4 JaTim2 | Melatih Mandiri | Level2Day9| Makan Sendiri #9

Anak kecil itu adalah peniru ulungnya orang dewasa ya. Kali ini Adek lagi yang jadi bahan penelitian si Mamak.

anyaenya-com_melatihkemandirian_day8
Masya Allah, Adek Mencoba Makan Sendiri dengan Sendok. Lokasi makannya jangan ditiru ya, ini makan di kamar.

Peniru Ulung

Karena setiap hari makan bareng, meski Adek ngga makan dan cuma liatin orang tuanya makan, saya rasa dia meniru apa yang dilakukan orang dewasa. Jadi ketika Adek minta makan dengan sendok, langsung diberikan kesempatan nyodorin sendok. Minta mangkok dan sendok sendiri.

Sendok dimana, mangkuk dimana. Ya begitulah sambil uwek – uwek makanan. Pemandangan sehari – hari kalau makan sendiri ya Mamak kudu merelakan lantai, karpet atau sofa jadi berantakan nan kotor. Ini demi anak bisa makan sendiri. Sing sabar, bu.

Kesempatan kali ini Adek makan bagelan dengan sendok, cemilan favoritnya. Ada ada aja. “Suka – suka Adek aja ya, pakai sendok di tangan bagus sebelah kanan ya.” Si Mamak berusaha kasih sugesti. “Selalu taro makanannya di piring atau mangkuk ya, makan juga pelan – pelan. Ngga usah buru – buru Adek sayang.” Sekali lagi menambahkan.

Cepat Tanggap

Nilai yang diambil kali ini adalah bagaimana orang dewasa bisa cepat tanggap dalam menghadapi atau memberikan respon kepada si Anak ketika dia ingin bereksplorasi. Selama masih dalam batas kewajaran, saya rasa baik saja untuk mendampingi batita berekspresi. Ya misal dengan nyuwun sendok mangkok untuk makan sendiri.

Dalam tantangan kali ini Adek makan di dalam kamar Bund, yang semestinya saya selalu melarang anak untuk makan di dalam kamar. Supaya terbiasa dan ngga banyak semut di kamar. Hehehe. Tapi okelah, kali ini diberikan satu dispensasi ya, dek. Jangan ditiru. Salam mangkuk dan sendok dari Adek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.