BunSay4 JaTim2 |Melatih Kecerdasan Anak| Level3Day1 | Baca Yuk Sebelum Tidur #1

Masya Allah, Level 3 ++ Mak!

Ngga kebayang sudah menapaki Level 3 di kelas Bunda Sayang. Awalnya berpikir bisa ngga ya, eh Alhamdulillah sampai juga di tengah kejelimetan kanan-kiri. Yuklah, bersemangat. Ayo kembali diingat perjanjian dengan diri sendiri di awal.

Dalam tema Melatih Kecerdasan Anak yang tumben malah Mamak kebanyakan mikir kebanyakan ngonsep, bukan diangkut sama action. Terbukti nih baru kirim Nice Home Working hari pertama di hari kedua, merapel pula. Welah kelamaan mikir. Kalau tugas dua tema Bunda Sayang kemarin 80% terkonsep, kalau sekarang sepertinya mencoba untuk  memilih “dadakan” dalam berekplorasi. Eh, dadakan juga konsep loh ya. Hahaha.

Baca Buku adalah Kebiasaan

Nah ini yang diangkat adalah aktivitas membaca buku. Sepertinya ini susah-susah-gampang untuk me-mapping bagaimana saya ingin sekali menularkan kepada anak perihal kebiasaan membaca buku.

BunSay_Kecerdasan Anak_#1
Masya Allah, Mr Rainbow buku bacaan bilingual (Bahasa – English) yang sekarang jadi buku kesukaan Kakak selama satu bulan belakangan

Meski saya tidak all out dalam kegiatan membaca alias a part-time reader, setidaknya barangkali  bisa diturunkan ke anak sebagai salah satu warisan mewah. Baca buku ya, bukan baca hoax #menuju2019antihoax. Meskipun belajar bisa dengan media apa saja dan dari mana saja. Cateeeeet! (Ngomong ke diri sendiri)

Pemeran utama adalah Kakak dan saya sebagai figuran aja disini. Hahaha. Mamak secara sadar atau tidak memang sudah memperkenalkan Kakak dengan buku – buku sejak kecil.  Seperti malam ini, sama dengan beberapa malam sebelumnya minta dibacakan buku bacaan. Masih tidak rutin. Pasti Mamak juga merasakan bagaimana si anak kadang jenuh atau bosan terhadap satu hal.

Nyetok Buku, Nyetok Experience

Kenapa stock buku lebih dari satu? Karena biasanya Kakak akan memilih buku favorite-nya secara bergantian untuk dibacakan. “Baca buku”, ucapnya sambil menyodorkan buku. Alhamdulillah sudah memilliki self-awareness meskipun sedikit.

BunSay_Kecerdasan Anak_#1A
Menunjukkan bagian mana yang perlu Bund baca, Masya Allah Tabarakallah Kakak

Kakak akan standby ditempat sambil dibacakan halaman demi halaman. Gaya terkhas yang menjadi andalan adalah Kakak menunjuk kalimat – kalimat di lembaran buku kemudian saya membacanya satu-per-satu, seolah saya mengikuti aturan main Kakak. Tidak luput, Kakak sambil memperhatikan dengan seksama.

Malam ini seperti begadang sudah dibacakan selama satu jam sampai dengan jam 11 malam, Kakak tidak juga mengantuk. Ekspresi Mamak dari yang antusias sampai gempor baca. Hahahaha. Ini adalah video Mamak mendongeng lama banget, klik di sini ya. Yuk, besok lanjut ke tantangan berikut.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.