3. Melatih Kecerdasan Anak,  BUNSAY#4 JATIM2,  Institut Ibu Profesional

BunSay4 JaTim2 |Melatih Kecerdasan Anak| Level3Day3 | Belajar Warna #3

Mainan Clip Warna

Garap apalagi untuk anak? Nah sekarang coba menarik Adek ke dalam tantangan berikut. Mamak mencoba melatih Adek untuk menyebutkan warna – warna menggunakan perangkat clip kecil ditambah sedotan yang diambil dari susu kotaknya. Tujuannya supaya bisa tahu sejauh mana siy kemampuan Adek memahami warna, identifikasi warna.

Cara mainnya dengan setelah mengucapkan warna clip kemudian Adek diarahkan memasukan clip tersebut ke dalam sedotan, biar nambah tantangan sedikit ceritanya. “Adek, sini ayok main sama Bund. Tebak warna yuk.” Bund sambil mengarahkan Adek yang sedari tadi heboh usilin Kakaknya.

anyaenya.com_MelatihKecerdasan_Day3A
Mamak mencoba mengangkut bala bantuan dari perangkat yang terdekat
anyaenya.com_MelatihKecerdasan_Day3B
Masya Allah, Adek yang antusias belajar warna

Sigap Sebut Warna

Adek sempat beberapa waktu lalu diperkenalkan dengan video pengenalan warna. Mamak menggunakan beberapa media belajar, satu diantaranya Mamak mengambil bantuan video Youtube yang sudah didownload untuk pengenalan warna, huruf ABCD, angka sampai doa-doa harian. Fungsi utama supaya membuat Adek juga mengenal pembelajaran secara visual dan membuat suasana lebih menyenangkan.

Dengan sigap dan percaya diri Adek menyebutkan satu-per-satu warna clip yang ada. “Ini warna apa?” Bund memancing antusias Adek. “Blue Biru, White Putih, Red Merah, Yellow Kuning.” Diulang terus sampai clip kosong dari wadahnya yang sudah berserakan di lantai saking semangatnya. Meski terbata – bata dalam ucapan sejauh ini tujuan utama untuk pemahaman warna sudah terbilang “Ok, Adek paham warna. Meski warna terbatas.”

Permainan kali ini hanya satu putaran lagipula ini sudah jam 20:30. Adek-pun belum menaklukan tantangan sesuai prosedur, yaitu tidak memasukan clip ke dalam sedotan. But, it’s okey, Adek do the best. (Ya gpp, Adek lakukan yang terbaik.) Alhamdulillah.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: