BunSay4 JaTim2 | Game Level 4 | Memahami Gaya Belajar Anak | Penasaran Mainan Balok Bangun Kayu #3

Alhamdulillah sudah sampai di Jakarta, di rumah eyang.

Memboyong beberapa mainan dari rumah, tujuannya supaya Bro Sist Bersaudara tetap bisa produktif main meski dengan sarana yang terbatas. Pernah datang ke salah satu playground lengkap dengan permainan puzzlenya dari shape block puzzle, paper puzzle sampai dengan wooden puzzle. Jujur ini menginspirasi Bund untuk memberikan permainan sejenis kepada anak – anak di rumah.

anyaenya.com_bunsay_memahamigayabelajaranak_day3
Masya Allah, katanya mau bangun rumah “Rumah ya, rumah.” Celetuk Kakak. Iya Kakak apalagi nanti bisa bangun perumahan ya sebagai usaha propertinya. Aamiin. Hahahahaha.

Teknik Fokus dari Bermain Balok Bangun Kayu

Skills fokus bisa didapatkan dan mudah – mudahan dapat ditularkan dari pengalaman sehari – hari. Ini yang diturunkan melalui permainan Kakak dengan shape block puzzle yang biasa kita bilang Balok Bangun Kayu. Tujuan utama, Kakak bisa fokus mengikuti arahan menyusun bentuk puzzle menjadi satu bagian.

Ini kali pertama Kakak diberikan balok bangun kayu, rasa panasarannya lumayan tinggi. Dicontohkan Bund perlahan, “Ini bangun pagar rumah.”, “Susun balok satu persatu, kita coba rumah ya, rumah.” Kakak mulai mengikuti selanjutnya, disusun satu persatu tanpa mau Bund menyentuh atau ikut membantu balok kecil yang ia bangun.

Permainan yang menurut orang dewasa sangat sederhana, namun bisa jadi rumit dimata anak balita. Nyatanya Kakak setelah merangkai bentuk rumah – rumahan baru sampai di tingkat atap sudah dijatuhkan kembali “Byaaaaaaaaar” dan balok berjatuhan.

————-

Observasi sederhana siang ini, menyatakan Kakak dominan belajar mengembangkan kemampuan visualnya dengan membangun sususan balok menjadi satu bagian utuh. Good luck, Kak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.